Kamis, 30 Oktober 2014

MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN


BAB 3 : MENGANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN

A.    Lingkungan pemasaran
Lingkungan pemasaran adalah pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.
Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro.

1.      Lingkungan mikro perusahaan
Lingkungan mikro terdiri dari pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya, yaitu:
a.       Perusahaan
Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan kelompok lain perusahaan seperti manajemen puncak, keuangan, riset, pengembangan dan akuntansi. Semua kelopok ini yang saling berhubungan membentuk lingkungan internal.
b.      Pemasok
Masalah pemasok sangat mempengaruhi pemasaran. Manajer pemasaran harus mengawasi ketersediaan pasokan- kelangkaan atau penundaan pasokan, pemogokan kerja dan kejadian-kejadian lain yang dapat merugikan penjualan dalam jangka pendek dan merusak kepuasan pelanggan dalam jangka panjang.
c.       Perantara pemasaran
Organisasi yang membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan barang-barangnya ke pembeli akhir, perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.
d.      Pelanggan
Lima jenis pasar pelanggan secara lebih dekat,yaitu pasar konsumen, pasar bisnis, pasar penjual perantara, pasar pemerintah, dan pasar internasional.
e.       Pesaing
Konsep pemasaran menyatakan bahwa agar berhasil, perusahaan harus menyediakan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar dari pesaingnya. Maka pemasar harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumen sasaran.
f.       Masyarakat
Yaitu kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.

2.      Lingkungan makro perusahaan
Lingkungan makro terdiri dari kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro, yaitu:
a.       Lingkungan demografis
Yaitu studi kependudukan manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja, dan data statistik lainnya.
b.      Lingkungan ekonomi
Terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen.
c.       Lingkungan alam
Meliputi sumber daya alam yang diperlukan sebagai masukan bagi pemasar atau sumber day alam yang dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran.
d.      Lingkungan teknologi
Yaitu kekuatan yang menciptakan produk, dan peluang pasar yang baru.
e.       Lingkungan politik
Terdiri dari hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM yang memoengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individu dalam masyarakat tertentu. Lingkungan politik telah mengalami tiga perubahan yang mempengaruhi pemasaran diseluruh dunia: semakin banyak undang-undang yang mengatur bisnis, penegakan hukum yang kuat oleh pemerintah, dan penekanan tindakan tanggung jawab etika dan sosial yang lebih besar.
f.       Lingkungan budaya
Terdiri dari institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan prilaku masyarakat. Karaktreristik budaya yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pemasaran yaitu: kepercayaan kepada institusi yang semakin berkurang, peningkatan rasa patriotisme, kepedulian kepada alam yang semakin besar, spiritualisme baru, dan pencarian nilai yang lebih berarti dan abadi.

B.     Merespon lingkungan pemasaran
Perusahaan dapat secara pasti menerima lingkungan pemasaran sebagai elemen yang tidak dapat dikendalikan dimana mereka harus beradaptasi, menghindari ancaman dan memanfaatkan peluang yang ada. Atau mereka dapat mengambil tindakan proaktif, bekerja untuk mengubah lingkungan dan tidak bereaksi terhadapnya. Setiap saat, perusahaan harus berusaha proaktif dan tidak reaktif.
Manajemen pemasaran tidak selalu dapat mengendalikan kekuatan lingkungan. Dalam banyak kasus, manajemen pemasaran hanya dapat mengamati dan bereaksi terhadap lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar